Wajibkah Zakat Fitrah Bagi Orang yang Meninggal di Bulan Ramadan

Wajibkah Zakat Orang yang Meninggal di Bulan Ramadan?


Hukum Zakat Fitrah Orang yang Meninggal di Bulan Ramadan

PERTANYAAN 

Tetangga saya meninggal pada tanggal 18 Ramadhan, apakah masih diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah?

JAWABAN

Penanya yang Budiman, yang perlu dipahami terlebih dahulu salah satu syarat seseorang wajib mengeluarkan zakat fitrah apabila menemukan waktu wajibnya zakat yaitu "akhir bulan ramadhan dan awal bulan Syawal". Apabila tidak menemukan salah satu dari dua waktu wajibnya zakat ini, maka tidak wajib zakat fitrah.

Contohnya seperti orang meninggal sebelum 1 Syawal (terbenamnya matahari diakhir bulan ramadhan) atau baru lahir setelah terbenamnya matahari diakhir bulan Ramadhan. Keduanya ini tidak diwajibkan zakat Fitrah.

Maka tetangga penanya yang meninggal pada tanggal 18 Ramadhan tersebut tidak diwajibkan zakat Fitrah. Alasannya karena tidak menemukan masa hidup dibulan Syawal.

Begitu pula bayi yang baru lahir setelah terbenamnya matahari diakhir bulan Ramadhan (1 Syawal) tidak wajib zakat fitrah karena tidak menemukan masa hidup dibulan Ramadhan


Referensi 

نهاية الزين فى ارشاد المبتدئين ص. ١٧٤

الثاني: أن يدرك وقت وجوبها الذي هو آخر جزء من رمضان وأوّل جزء من شوال، فتخرج عمن مات بعد الغروب وعمن ولد قبله ولو بلحظة دون من مات قبله ودون من ولد بعده

“Syarat kedua, menemukan waktu wajibnya zakat fitrah, yakni akhir bagian dari Ramadhan dan awal bagian dari Syawal. Maka wajib dikeluarkan zakat atas orang yang meninggal setelah terbenamnya matahari (akhir Ramadhan) dan atas bayi yang lahir sebelum terbenamnya matahari, meskipun dengan jarak yang sebentar. Tidak dikeluarkan zakat bagi orang yang mati sebelum terbenamnya matahari (di hari akhir Ramadhan) dan bayi yang lahir setelah terbenamnya matahari” (Nihayah az-Zain, hal. 174)

Wallahu A'lam 

Berbagi

Posting Komentar