Main Game Saat Puasa

Bulan Ramadlan adalah bulan yang suci, bulan dimana orang islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Namun, kadang sebagian masyarakat mengisi bulan

MAIN GAME SAAT PUASA

Bulan Ramadlan adalah bulan yang suci, bulan dimana orang islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Namun, kadang sebagian masyarakat mengisi bulan suci ini dengan kegiatan-kegiatan yang tidak berguna, seperti main game, buka sosmed seperti Facebook, tiktok, Instagram, nonton tv dan lain sebagainya.

Pertanyaan Sebenarnya, bagaimanakah etika dalam menjalani hari-hari di bulan suci Ramadlan?

Jawaban: Tidak menyibukan diri dengan hal-hal yang bersifat 'duniawi, harus senantiasa diisi dengan kesibukan beribadah.

Referensi:

النصائح الدينية ص: ۱۷۳

وَمِنْ آدَابِهِ أَنْ لَا يُكْثِرُ التَّشَاغُلَ بِأُمُورِ الدُّنْيَا فِي شَهْرِ رَمَضَانَ بَلْ يَتَفَرَّغَ عَنْهَا لِعِبَادَةِ اللَّهِ وَذِكْرِهِ مَا أَمْكَنَهُ. ولا يَدْخُلُ في شَيْءٍ مِنْ أَشْعَالِ الدُّنْيَا إِلَّا إِنْ كَانَ ضَرُوريًّا فِي حَقِهِ أَوْ فِي حَقِّ مَنْ يَلْزَمُهُ الْقِيَامُ بِهِ مِنَ الْعِيَالِ وَنَحْوِهِمْ وَذَلِكَ لأَنَّ شَهْرَ رَمَضَانَ فِي الشُّهُورِ بِمَنْزِلَةِ يَوْمِ الْجُمْعَةِ فِي الْأَيَّامِ فَيَنْبَغِي لِلْمُؤْمِنِ أَنْ يَجْعَلَ يَوْمَ جُمْعَتِهِ وَشَهْرَهُ هَذَا لِآخِرَتِهِ خُصُوصًا.

Diantara adab berpuaa yang lain adalah, tidak terlalu banyak sibuk dengan urusan duniawi di Bulan Ramadhan, akan tetapi mengkhususkan dirinya untuk beribadah kepada Allah swt dan banyak berdzikir sebisa mungkin. Bahkan tidak memasuki sedikitpun dalam urusana duniawi, kecuali kebutuhannya yang mendesak atau kebutuhan orang yang di bawah tanggungannya seperti keluarga dan lain sebagainya.

Karena kedudukan Bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lain, sebagaimana Hari Jum'at bagi hari-hari yang lain. Oleh sebab itu, maka sudah sepatutnya bagi seorang mukmin untuk menjadikan Hari Jum'atnya dan Bulan Ramadhannya khusus untuk akhirat mereka.

Berbagi

Posting Komentar