Tayamum dan Permasalahannya

 Tayamum

Silahkan tekan gambar lalu pilih tab baru untuk memperjelas makna
KEMBALI KE DAFTAR ISI KITAB

Definisi Tayamum

Tayamum secara etimologi ialah menyengaja, dan secara terminologi syar'i ialah mendatangkan debu yang suci mensucikan pada wajah dan kedua tangan sebagai ganti dari wudhu, mandi, atau basuhan dengan syarat tertentu.

Syarat tayamum

Syarat Tayamum ada 5, yaitu; Pertama, adanya halangan dengan sebab perjalanan atau sakit. Kedua, telah masuk waktu shalat, maka tayamum sebelum waktu shalat tidak sah. Ketiga, mencari air setelah masuknya waktu, baik mencari sendiri atau orang lain. Maka ia mencari air dari tempatnya dan rombongannya, apabila ia sendirian, maka melihat ke sekitarnya dari empat penjuru jika berada di tanah datar, dan jika berada di tanah bergelombang, maka berkeliling sejauh pandangannya.

DALIL

وإن كنتم مرضى أو على سفر أو جاء أحد منكم من الغائط أو لمسلم اليساء فلم تجدوا ماء فتيمموا صعيدا طيبا فامسحوا بوجوهكم وأيديكم منه 5 ما يريد الله ليجعل عليكم من خرج ولكن يريد ليطهركم وليتم نعمته عليكم لعلكم تشكرون (المائدة 6)

Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia

Posting Komentar

0 Komentar