PP. Al-Miftah Luncurkan Aplikasi Infra untuk Guru dan Orang tua. Pantau Anak Kini Bisa dari Rumah!

 Al-Miftah Dempo Barat telah mengambil inisiatif untuk bersaing seiring dengan evolusi pendidikan melalui pelaksanaan transformasi digital di lingkungan sekolah atau yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SiMS). Sebagaimana diketahui, era digital memunculkan perubahan signifikan dalam tatanan kehidupan manusia. Era ini ditandai oleh penyebaran informasi dan pelaksanaan aktivitas masyarakat yang mengandalkan pemanfaatan teknologi. Progres yang pesat dalam era digital memperlihatkan dampak yang substansial, mengingat bahwa segala proses dapat dilakukan dengan lebih efisien dan praktis.

Dalam konteks pendidikan, digitalisasi dapat membantu meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Sebuah studi menunjukkan bahwa sistem digitalisasi pengelolaan (manajemen) dapat membantu meningkatkan efektivitas dan kedisiplinan dalam hal presensi atau kehadiran terhadap siswa, guru maupun pegawai kependidikan. Oleh karena itu PP. Al-Miftah mengambil langkah yang cerdas dan cukup strategis dalam bertransformasi ke sistem digital dengan meluncurkan Aplikasi Infromasi Manajemen Al-Miftah (Infra). 

Tujuan Digitalisasi

Tujuan dari digitalisasi ini selain karena alasan di atas juga untuk memberikan gambaran penting bahwa Al-Miftah tidak menutup diri dari dunia modern yang serba digital demi kemajuan pendidikan Al-Miftah yang lebih baik dan maju.

Infra merupakan aplikasi sistem informasi manajemen yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di PP. Al-Miftah agar berstandar internasional.  

Dengan aplikasi Infra nantinya Sistem administrasi, kbm, agenda, absensi siswa-guru, dan monitoring bisa dilakukan dalam satu platfom. Hal ini tentu sangat menguntungkan dari sisi efisiensi dan fleksibilitas. Selain itu orang tua / wali siswa bisa mengecek perkembangan Anaknya langsung dari rumah, seperti kehadiran, tabungan siswa, nilai formatif & sumatif, dan lain-lain.

Apa dampak positif dari digitalisasi sekolah untuk perkembangan pendidikan anak? Simak ulasannya berikut ini

Manfaat Digitalisasi

Selain tujuan utama meningkatkan kualitas pendidikan dan efisiensi manajemen, langkah transformasi digital yang diambil oleh Al-Miftah Dempo Barat juga memiliki manfaat tambahan yang signifikan.

Keterlibatan Orang Tua yang Lebih Aktif

Aplikasi Infra memberikan kesempatan bagi orang tua/wali untuk terlibat secara aktif dalam proses pendidikan anak-anak mereka. Mereka dapat memantau perkembangan akademis anak, memberikan masukan, dan berkomunikasi dengan guru secara lebih efektif.

Pengembangan Kemampuan Teknologi Siswa

Dengan menggunakan platform digital, siswa akan terbiasa dengan teknologi sejak dini. Hal ini tidak hanya mendukung pembelajaran, tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan teknologi yang esensial di era digital.

Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Sistem administrasi yang terintegrasi memungkinkan pendidik fokus pada perencanaan pembelajaran yang lebih efektif. Dengan informasi yang mudah diakses tentang kehadiran siswa, agenda, dan nilai, guru dapat merancang strategi pengajaran yang lebih personal dan adaptif.

Monitoring Progres Siswa secara Real-time:

Aplikasi Infra memungkinkan guru dan orang tua untuk memantau progres siswa secara real-time. Dengan demikian, potensi masalah atau kesulitan belajar dapat diidentifikasi lebih awal, memungkinkan intervensi yang tepat waktu.

Pemberian Umpan Balik yang Cepat

Guru dapat memberikan umpan balik langsung kepada siswa mengenai kinerja mereka. Ini membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka, memberikan motivasi tambahan, dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Keamanan dan Keterbukaan

Sistem digitalisasi juga dapat meningkatkan keamanan data siswa dan menjaga privasi informasi. Selain itu, transparansi yang dihasilkan dari platform ini menciptakan hubungan yang lebih terbuka antara lembaga, guru, dan orang tua.

Dengan manfaat tambahan ini, Al-Miftah Dempo Barat tidak hanya menuju perbaikan kualitas pendidikan melalui teknologi, tetapi juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih terbuka, adaptif, dan mendukung perkembangan holistik setiap siswa. Transformasi digital ini tidak hanya mencerminkan kemajuan, tetapi juga menunjukkan kesiapan Al-Miftah untuk bersaing di era pendidikan yang semakin didorong oleh teknologi.

Aplikasi Infra dikembangkan oleh Munar Creative, sebuah perusahaan rintisan yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak (sofware). Aplikasi ini dirancang untuk mendukung perangkat iOS dan Android, serta dapat diakses melalui platform web. Saat ini, Aplikasi Infra telah tersedia untuk diunduh melalui Google Play Store, menyediakan akses yang lebih luas kepada pengguna dengan berbagai perangkat berbasis Android.

Posting Komentar

0 Komentar