Hikmah Menghilangkan Najis dengan Air

Terjemah Hikmatut Tasyri wa Falsafatuhu 

Hikmah Menghilangkan Najis dengan Air

Silahkan tekan gambar lalu pilih tab baru untuk memperjelas makna. Hikmatut Tasyrik Makna Pesantren

Dapat diketahui secara langsung bahwa air dapat menghilangkan kotoran dan semua yang berlawanan dengan kebersihan. Sesungguhnya Allah Yang Maha bijak telah memberikan hikmah yang agung di balik kewajiban yang ditetapkan kepada kita untuk menghilangkan najis dengan air, yaitu bahwa air dapat menghilangkan barang najis dan bekasnya berupa bau busuk yang menyakiti manusia dan segala sesuatu yang menebarkan bau. Selain itu, jika bau bercampur dengan udara dan masuk ke seluruh tubuh melalui pori-pori, maka semua itu akan terkumpul dalam badan dan mengganggu kesehatan karena udara adalah cairan senyawa halus yang bisa meluas dan masuk dengan mudah ke dalam pori-pori tersempit di tubuh manusia dan semua hewan yang penuh dengan udara.

Silahkan tekan gambar lalu pilih tab baru untuk memperjelas makna. Hikmatut Tasyrik Makna Pesantren

Allah Yang Maha Bijak telah menetapkan bahwa air yang boleh digunakan untuk bersuci disyaratkan tidak berpindah dari keadaan alaminya yang asli yaitu cair dan mengalir. Karena jika berpindah dari cair menjadi beku, maka air tersebut akan kehilangan salah satu sifatnya, yaitu menghilangkan najis. Demikian juga apabila ada sesuatu yang mencampurinya berupa najis-najis seperti arak dan air kencing, maka air itu tidak lagi layak untuk menghilangkan najis dan menyucikan.

Karena air sedikit menjadi najis dan najis tidak bisa menghilangkan najis yang lainnya. Oleh sebab itu, Allah Yang Maha Bijaksana menetapkan syarat-syarat air yang boleh digunakan untuk bersuci sebagaimana telah dijelaskan dalam cabang-cabang ilmu fikih.

Lihatlah hikmah besar ini dan renungkan lah di dalamnya dengan mata hati, niscaya Anda akan mendapati bahwa Allah SWT sungguh telah menentukan segala sesuatu dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar