Amalan Penting Pada Jumat Terakhir Bulan Rajab

Bulan Rajab telah memasuki pekan terakhir. Dan hari ini, Jumat (17/02/2023) adalah Jumat terakhir di bulan Rajab tahun 1444 H. Sebuah pertanda bahwa waktu terus bergulir, entah kita sadari atau tidak. Dan bila diberikan usia panjang, maka di bulan depan kita akan dipertemukan dengan bulan Sya’ban dan berharap berjumpa Ramadhan.

Rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam. Dalam sebagian hadits riwayat ad-Dailami disebutkan bahwa Rajab adalah bulannya Allah (syahrullâh). Nabi saat melihat hilal bulan Rajab beliau berdoa, “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan” (HR Ahmad, al-Muttaqi al-Hindi dan lainnya). 

Banyak amalan, doa, dan ritual lainnya diajarkan oleh para ulama di bulan Rajab. Di antaranya adalah amalan di Jumat terakhir bulan Rajab. Banyak kalangan ulama dan kiai mengijazahkan amalan ini. Berikut ini amalannya:

أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ                               

Artinya: “Ahmad utusan Allah, Muhammad utusan Allah.”


Amalan ini dibaca saat khatib menyampaikan khutbah kedua sebanyak 35 kali. Di antara keutamaannya adalah agar di sepanjang tahun uang di tangan kita tidak habis untuk memenuhi segala kebutuhan. 

Demikian amalan di Jumat terakhir bulan Rajab. Yang terpenting, sebagaimana sering disampaikan para masyayikh bahwa amalan apa pun maksud utamanya adalah untuk mendekatkan diri di sisi-Nya dan diniati mengikuti jejak perilaku para ulama terdahulu. Semoga memberikan manfaat.

Posting Komentar

0 Komentar