Hukum Perempuan Berhias dan Berparfum Saat Keluar Rumah | almiftah.id

almiftah.id

Perempuan berhias dan Berparfum

Assalamualaikumm Wr. Wb

Banyak kami temui saat dijalan melihat wanita glowing, bahkan wanginya luar biasa sehingga terkadang membuat kami melihanya secara spontan.

Sebenarnya bagaimana hukum perempuan berparfum dan berhias saat keluar rumah??

Hamba Allah

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

___

Wa Alaikum Salam Wr. Wb

Terima kasih, semoga kita semua diberikan keistiqomahan oleh Allah dalam menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya amiin.

Selanjutnya terkait hukum perempuan yang berhias dan berparfum saat keluar rumah sudah banyak pembahasan dalam kitab-kitab klasik, seperti contoh dalam kitab Fatawa Tahummul Mar'ati

فتاوى تهم المرأة ص ٢٧

س. هل يحرم على المرأة الخروج بالعطر؟ وهل تخرج بلا عطر؟

Soal Apakah haram bagi perempuan yang keluar rumah menggunakan minyak wangi (parfum) dan apakah perempuan tidak perlu menggunakan minyak wangi?

الجوال ؛ إن المرأة إذا استعطرت وخرجت ليجد ريحها الرجال فحرام عليها الجنة

Jawab ; Sesungguhnya apabila seorang perempuan menggunakan parfum (minyak wangi) dan keluar rumah sehingga laki-laki merasakan wanginya tersebut, maka surga diharamkan baginya. 

Akan tetapi sekalipun demikian, perempuan tetap boleh berparfum dengan syarat wanginya samar atau tidak tercium oleh laki-laki.

فعطر المرأة ما يخفى ريحه، فإن كان عطرها كذلك فلا بأس عليها، يعنى بحيث لا يشمه الرجال التى تمر عليهم

Yang tidak masalah (yang boleh) Wewangian (parfum) bagi perempuan yaitu yang memiliki wewangian yang samar artinya yang sekiranya tidak tercium oleh laki-laki saat berjalan diantara mereka.

Alasan syariat mengharamkan hal tersebut, agar supaya perempuan dijauhkan dari fitnah, sehingga apabila perbuatan perempuan tersebut terhindar dari fitnah, maka tidak ada masalah menggunakannya. Akan tetapi lebih baiknya berhati-hati dengan menggunakan parfum yang wanginya samar.

Sedangkan dalam hukum perempuan berhias memiliki konsekwensi yang sama dengan parfum.

Wallahu'alam

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Berbagi

Posting Komentar