Dalil Shalat Tarawih 20 Rakaat


Dalil Salat Tarawih 20 Rakaat

Pada umumnya jumlah rakaat salat sunah dijelaskan oleh langsung oleh Nabi, seperti Witir, Dluha, salat Tasbih, salat hari raya, salat gerhana, salat minta hujan dan sebagainya. Namun dalam salat Tarawih ini tidak dijelaskan segamblang salat sunah lain. Namun penetapan Tarawih 20 rakaat ini bersumber dari riwayat sahih berikut ini:

Ada 4 Tabiin yang meriwayatkan Tarawih 20 rakaat.

1. Said bin Yazid

عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيد أنَّه قال ( أنَّ عُمَرَ بنَ الخَطَّابِ رَضِيَ اللّٰه عنه جَمَعَ النَّاسَ فِي رَمَضَانَ على أُبَيِّ بن كَعْبٍ وعلى تَمْيِمٍ الدَّارِيِّ على إِحْدَى وَعِشْرِيْنَ ركعةً ، يَقْرَؤُوْنَ بِالمِىِٔيْنَ، وَيَنْصَرِفُوْنَ عِنْدَ فُرُوْعِ الفَجْرِ)

“Umar mengumpulkan umat Islam di bulan Ramadhan dengan Imam Ubay bin Ka'b dan Tamim al-Dari, dengan 21 rakaat?. Mereka membaca ayat-ayat ratusan. Baru selesai ketika menjelang Subuh” (Riwayat al-Baihaqi dalam al-Sunan 2/496, Abdurrazzaq dalam al-Mushannaf 4/260)

2. Yazid bin Rauman

عَن يزيد بن رَوْمَانَ قال ( كَانَ النَّاسُ يَقُوْمُوْنَ في زَمَانِ عُمَرَ بن الخطاب في رمضانَ بِثَلَاثٍ وعِشْرِيْنَ ركعةً)

"Umat Islam di masa Umar beribadah di malam bulan Ramadhan dengan 23 rakaat” (al-Muwatha' Malik, 1/115)

3. Yahya bin Said al-Qathan

عن يحيى بن سعيْدِ القَطِّانِي (أن عُمَر بنَ الخَطَّاب أَمَرَ رَجُلًا يُصَلِّي بِهِمْ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً)

“Umar memerintahkan seseroang menjadi imam salat Tarawih dengan umat Islam sebanyak 20 rakaat” (Riwayat Ibnu Abi Syaibah, al-Mushannaf, 2/163)

4. Abdul Aziz bin Rafi'

عَنْ عبد العزيز بن رَفِيْعِ قال ( كَان أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ يُصَلِّي بِالنَّاسِ في رمضانَ بالمدينةِ عِشرين ركعةً، ويُوتِرُ بثلاثٍ)

“Ubay bin Ka'b menjadi imam Tarawih di bulan Ramadhan di Madinah sebanyak 20 rakaat dan witir 3 rakaat” (Riwayat Ibnu Abi Syaibah, al-Mushannaf, 2/163)

Para Tabiin ini membuktikan bahwa di Madinah saat itu salat Tarawih 20 rakaat. Imam al-Tirmidzi berkata:

وأَكْثَرَ أَهْلِ العِلْمِ عَلَى مَا رُوِيَ عَنْ عُمَرَ وَعَلِيٍّ وغَيْرِهِما من أصحابِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم عِشْرِيْنَ رَكْعةً وَهُوَ قَوْلُ الثَّوْرِيِّ وابن المُبَارَكِ وَالشَّافِعِي . وقال الشافعي وهَكَذَا أَدْرَكْتُ بِبَلَدِنَا بِمَكَّةَ يُصَلُّونَ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً.

“Mayoritas ulama mengikuti riwayat Umar, Ali dan sahabat Rasulullah yang lainnya sebanyak 20 rakaat. Ini adalah pendapat al-Tsauri, Abdullah bin Mubarak dan al-Syafii. Al-Syafii berkata: Seperti ini yang saya jumpai di Negeri kami Makkah. Umat Islam salat 20 rakaat" (Sunan al-Tirmidzi 3/169)


Jika masih ada kelompok yang menggugat keabsahan Tarawih 20 rakaat, maka cukup dibantah dengan pernyataan ulama Salafi, Syaikh Abdullah Alfaqih, berikut:

وبِمَجْمُوْعِ هذهِ الرِّوَايَاتِ يَتَبَيَّنَ أَنَّ العِشْرِيْنَ ركْعةً كَانَتْ هِيَ السُّنَّةَ الغَالِبَةَ على التراويح في زَمَنِ عُمرَ بن الخطاب رضي الله عنه ، ومِثْلُ صَلَاةِ التَّرَاوِيْحِ أمْرٌ مَشْهُوْرٌ يَتَنَاقَلُهُ الجَبْلُ وَعَامَّةُ النَّاسِ، وَرِوَايَةِ يزيدَ بن زوْمَانَ وَيَحْيَ القَطَّانِي يُعْتَبَرُ بِهِمَا وإنْ كَانَا لم يُدْرِكَا عُمَرَ، فإنهما ولا شَكَّ تَلَقَّيَاهُ عن مجموعِ الناس الذين أدْرَكُوهُم ، وذلك أمْرٌ لا يحتاجُ إلى رجلٍ يُسَنِّدُهُ ، فإن المدينةَ كلَّها تُسَنِّدُهُ . (فتاوى الإسلام سؤال وجواب - ج ١ ص ٦١٨٧)

“Secara keseluruhan dari riwayat ini menjadi jelas bahwa 20 rakaat adalah sunat yang unggul dalam Tarawih di zaman Umar bin Khattab. Yang seperti Tarawih ini adalah hal yang populer yang diwariskan dari generasi dan mayoritas umat Islam. Riwayat Yazid

bin Rauman dan Yahya Qattan adalah diterima, meski keduanya tidak menjumpai Umar. Sebab keduanya sudah tidak diragukan lagi menerima amalan ini dari sekelompok umat Islam yang menjumpai.

Kembali ke Daftar Isi

Berbagi

Posting Komentar