Kilas Balik Tentang FAFTAH


almiftah.id FAFTAH Adalah Singkatan dari FORUM ALUMNI AL-MIFTAH. Yakni sebuah Organisasi Eksternal Pondok Pesantren yang menghimpun dan menyalurkan aspirasi para alumni.

Organisasi ini dipelopori oleh alumni itu sendiri karena mengingat pentingnya adanya suatu wadah yang bisa menghimpun para alumni dan bisa mengikat komunikasi, baik dengan institusi Pondok Pesantren/Sekolah maupun dengan sesama alumni. 

Nama tesebut pemberian dari Gus Muhammad Romly atau yang masyhur dengan panggilan Gus Romy (Dewan A'wan Pondok Pesantren Dempo Barat) beliau mengacu pada Firman Allah SWT, yakni:

فَافۡتَحۡ بَيۡنِىۡ وَبَيۡنَهُمۡ فَتۡحًا وَّنَجِّنِىۡ وَمَنۡ مَّعِىَ مِنَ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ‏ 

Maka berilah keputusan antara aku dengan mereka, dan selamatkanlah aku dan mereka yang beriman bersamaku."

Maka berilah keputusan antara aku dengan mereka wahai Tuhanku, di Tangan-Mu-lah nasib mereka dan aku memohon kepada-Mu, selamatkanlah aku dan mereka yang beriman bersamaku dari siksaan-Mu yang akan Engkau timpakan kepada kaumku.

فَاَنۡجَيۡنٰهُ وَمَنۡ مَّعَهٗ فِى الۡـفُلۡكِ الۡمَشۡحُوۡنِ ۚ‏

Kemudian Kami menyelamatkannya Nuh dan orang-orang yang bersamanya di dalam kapal yang penuh muatan.

Allah pun mengabulkan doa Nabi Nuh. 

Kemudian Kami menyelamatkannya yakni Nuh dan orang-orang yang bersamanya di dalam kapal yang penuh muatan yaitu berupa kebutuhan pokok mereka.

Atas dasar ayat tersebut, besar harapan kami para alumni Al-Miftah yang terhimpun dalam organisasi FAFTAH dan organisasi ekstra pesantren Al-Miftah lainnya bernasib sama dengan kaum nabi Nuh yang beriman kepadanya, dan diberikan kemudian dalam semua urusan dunia dan akhirat.

Satu hal yang perlu disadari dan menjadi sebuah keniscayaan, bahwa semua Alumni yang sukses menjalani masa pendidikan di Pondok Pesantren/Sekolah pada akhirnya akan menjadi alumni. Artinya, salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan alumni dalam menjalankan peran mereka ketika berada di luar Pondok Pesantren / di Masyarakat. 

Alumni merupakan salah satu acuan yang mendasari keputusan para orang tua dan calon santri dalam menentukan pilihan Pondok Pesantren/Sekolah.

Bila dilihat lihat, jika alumni dari suatu insitusi pendidikan memiliki tingkat kemampuan yang Mempuni baik dari segi Akhlak, Ilmu, Sosial dan Budaya dan lain-lain dan dapat menunjukkan prestasi dan berkontribusi secara nyata di masyarakat, maka kualitas dan kuantitas calon santri yang berminat untuk mendaftar akan semakin meningkat, benar apa yang dikatakan Gus Romy:

"Pesantren Bisa Besar, tak Lepas dari Peran Aktif Alumni yang Besar".

Alumni memiliki posisi tawar yang unik dan strategis, karena meskipun mereka tidak lagi merupakan bagian aktif dalam proses pendidikan di Pondok Pesantren/Sekolah, namun pengalaman mereka selama menjadi Santri/Siswa dan ikatan batin serta rasa memiliki mereka yang kuat terhadap almamater dapat menghasilkan dan menawarkan berbagai konsep, ide, pemikiran, masukan dan kritik yang membangun yang hanya bisa diberikan oleh orang-orang yang berada di posisi mereka.

Oleh karena itu, inilah pentingnya para alumni membentuk sebuah organisasi agar supaya kita saling bersilaturrahim, berkomunikasi dan tolong menolong antara alumni dan pesantren, pesantren dan alumni, alumni dan alumni.

Kontribusi dan pemikiran para alumni untuk kemajuan pesantren dan sekolah tetap diharapkan oleh lembaga, pesantren akan sangat mengapresiasi jika ada alumni yang berkenan memberikan masukkan demi kemajuan pondok pesantren Al-Miftah.

Maka dengan wadah FAFTAH ini, semoga menjadi jalan untuk mempermudah alumni memberikan masukan dan kontribusi terhadap kemajuan pesantren dan sekolah.



Berbagi

Posting Komentar