Hikmah di Syariatkannya Zakat Fitrah




Zakat fitrah merupakan penutup ibadah puasa Ramadhan yang dapat menutupi kekurangan-kekurangan seseorang yang berpuasa didalam bulan ramadhan secara penuh. Syaikh Zainuddin Al-Hindi Al- Syafi’i memuat ulasan tentang zakat fitrah dalam kitabnya :

زكاة الفطر لشهر رمضان كسجْدة السهو لِلصلاة، تُجبر نقص الصوم كما يجبر السجودُ نقصَ الصلاة.

Zakat Fitri terhadap bulan Ramadhan adalah bagaikan sujud sahwi terhadap shalat. (Zakat Fitri) menyempurnakan kekurangan puasa sebagaimana sujud sahwi menyempurnakan kekurangan shalat. (Fathul Mu’in)

Semua diantara kita tentu mempunyai kesalahan. Karena setiap manusia pasti pernah berbuat suatu kekhilafan ataupun dosa, sekecil apapun itu. Tidak ada seorang manusia pun yang terbebas dan luput dari dosa.

Allah disamping menciptakan manusia dengan kesempurnaannya, juga menciptakan kelemahannya 

وخلق الانسان ضعيفا

Termasuk juga dalam proses menjalankan puasa Ramadhan. Kita tidak akan luput melakukan kemaksiatan, baik berupa maksiat mata, tangan, telinga dan semua anggota badan lainnya yang bisa menyebabkan pahala puasa kita terkikis, sehingga untuk menyempurnakan puasa kita yang terkadang dibarengi dengan kemaksiatan, Nabi Muhammad Saw mewajibkan kita untuk menunaikan zakat fitrah.

 عن ابن عباسٍ رضي الله عنهما قال، فرض الرسول زكاة الفطر من صوم رمضان طُهْرةً من اللغو والفحش وطعمةً للمساكين، فمن ادّاها قبل الصلاة فهي زكاةٌ مقبولة، ومن أداها بعد الصلاة فهي صدقة من الصدقات. رواه ابو داود، وابن ماجة، وصححه الحاكم.

Dari Ibn Abbas (r.a), beliau berkata: “Rasulullah (s.a.w) telah mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang puasa daripada perbuatan sia-sia dan perkataan kotor, sekaligus sebagai makanan bagi orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum mengerjakan solat Iedil fitri, maka itu merupakan zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikannya sesudah mengerjakan solat Iedil fitri, maka itu merupakan sedekah biasa.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibn Majah, dinilai sahih oleh al-Hakim). (Ibanatul Ahkam / II)

زكاة الفطر حسنة من الحسنات تكفر السيئات قال تعالى إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ. وإخراج زكاة الفطر قبل الصلاة أفضل. والحكمة في ذلك أن لا يشتغل الفقير بالسؤال عن الصلاة 

“Zakat fitrah merupakan salah satu bentuk kebaikan yang dapat menghapus dosa. Allah berfirman dalam Surat Hud ayat 114, ‘Sungguh, kebaikan itu dapat menghilangkan keburukan.’ Pembayaran zakat fitrah sebelum shalat Id lebih utama. Hikmah di balik itu bertujuan agar orang fakir yang menerimanya tidak melalaikan shalat Ied karena sibuk mengemis untuk mencukupi kebutuhannya,”


Wallahu A'lam
Semoga bermanfaat.


KH. Ali Maksum, S.H, M.M
Dewan A'wan PP. Al-Miftah Dempo Barat

Berbagi

Posting Komentar