Malam Nisfu Sya'ban Tiba, Berikut Amalan yang Bisa Dilakukan


al-miftah.id - Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) menetapkan, malam Nisfu Sya'ban 1441 H jatuh pada Rabu 8 April 2020. Nisfu artinya pertengahan. Sehingga Nisfu Sya'ban berarti pertengahan bulan Sya'ban.

Bulan sya'ban merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah dan merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan juga kebaikan. Pada bulan ini Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya.

Nisfu Sya’ban kali ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan adanya wabah corona jenis baru (covid-19), akibatnya saat ini kita tidak bisa berkumpul dan bersilaturrahim dengan kerabat atau keluarga secara fisik. Namun hal itu tidak menyurutkan kita untuk menambah pundi-pundi pahala dan amalan di malam nisfu Sya’ban di rumah.
Ada tiga amalan utama yang bisa dilakukan pada Malam Nisfu Syaban, amalan-amalan ini tentunya tidak akan ada pada bulan lainnya. Berikut ini tiga amalannya:

Berdzikir

Selanjutnya yang pertama ialah membaca dzikir لا اله الا انت سبحنك اني كنت من الضالمين sebanyak 2.375 kali. Kalimat mulia ini dapat di baca kapan pun dan di manapun mulai dari setelah shalat magrib sampai sebelum subuh.

Membaca Surah Yasin

Dan yang ketiga adalah membaca surah yasin. Amalan membaca surah yasin ini dibaca sebanyak 3 kali,  sementara waktunya ialah setelah shalat magrib.

Berdoa


Amalan yang ketiga yakni memperbanyak doa. Karena Allah SWT akan mengabulkan doa setiap muslim, kecuali orang-orang yang di dalam hatinya masih terdapat kemunafikan seperti yang tercatat dalam HR Al-Baihaqi.

Ketiga amalan yang bisa dilakukan oleh seluruh umat islam di malam Nisfu Syaban ini tentunya akan membuat orang-orang bersih tanpa dosa dalam menghadapi bulan suci Ramadhan yang sudah didepan mata.
Semoga kita termasuk orang yang menghidupkan malam nisfu Sya’ban dengan memperbanyak do’a, membaca dua kalimat syahadat, istighfar, dan kalimat mulia lainnya. [hab]



Posting Komentar

0 Komentar