Maktuba PP. Al-Miftah Sukses Gelar Wisuda Maktuba Ke-II


TANYA JAWAB: Ainul Yaqin(Kanan) sedang menjawab pertanyaan dari Pendemontrasi dari Maktuba PP. Mambaul Ulum Bata-Bata. (Foto:almiftah.id)


Rabu, 29 Januari 2020 | 16:00 WIB 

Pamekasan – Maktab Nubdatul Bayan (MAKTUBA) Pondok Pesantren Al-Miftah kembali menggelar wisuda maktuba yang ke II dengan peserta dari program akselerasi metode cepat baca kitab kuning dan tahkhassus fan faraid. Acara tersebut ditempatkan di halaman pondok pesantren tepatnya di panggung utama milik maktuba rabu(29/01/2020).

Acara yang dimulai dari jam 06:00 WIB itu dimulai dengan penampilan Albanjari PP. Al-Miftah dan pada jam 07:00 acara dibuka dengan pembacaan surah alfatiha dan surah yasin bersama dan dilanjutkan dengan sambutan tunggal oleh RKH. Ali Maksum,disusul penampilan akselerasi i'lan tahfidzil qur'an santri putri, kemudian acara inti yaitu acara demontrasi tanya jawab sekaligus prosesi wisuda dan penobatan wisuda terbaik dan santri tauladan, perlu diketahui bahwasanya sebelum acara ini diparipurnai dengan doa acara ini juga dikemas dengan ceramah agama yang di isi oleh KH. Aziz Husni (Pengasuh PP. Mambaul Ulum Ganding-Sumenep).

KH. Aziz Husni (Pengasuh PP. Mambaul Ulum Ganding-Sumenep) saat mengisi ceramah agama di penghujung acara. 

Adapun peserta wisuda keseluruhan 15 orang. Masing-masing 8 orang wisuda dari Program Nubdzatul Bayan(NUBA), dan 7 orang dari wisuda Takhassus Fan Faraid(Pasca NUBA). Mereka mempersiapkan anak didik hanya selama 1 bulan dalam melakukan latihan khusus.

Ustad Nur Kholis, M. Pd. selaku Tim Penyusun dari kitab Maktab Nubdatul Bayan (MAKTUBA), setelah mendemontrasi peserta wisuda mendoakan kepada santri yg diwisuda semoga ilmunya bisa bermanfaat. Dan Jangan merasa paling pintar, karena diatas langit masih ada langit lagi yang masih tinggi,” pesannya.

Acara itu berlangsung dengan meriah. Hal tersebut terbukti suara tepuk tangan dari para undangan dan wali santri saat peserta menjawab semua soal yang diberikan oleh para pendemonstrasi. Baik dari penanya wajib dan penanya umum(masyarakat).

RKH. Ali Maksum selaku Dewan A'wan dan penanggung jawab program maktuba dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua santri, alumni, undangan dan partisipan. Khususnya kepada semuan muallimin, karena berkat perjuangan dan kegigihannya Maktuba PP. Al-Miftah kembali mewisuda santrinya dalam program akselerasi fan yang berbeda yaitu fan nahwu sharaf dan takhassus fan faraidl(ilmu warisan). Beliau menyampaikan InsyaAllah pada tahun berikutnya PP. Al-Miftah akan mengadakan Akselerasi Ushulul Fiqh,” harapnya.




Reporter : Habibiy
Editor      : Darwis Edz

Berbagi

Posting Komentar