Rayakan Malam Isra' Mikraj dengan Hataman Kitab Dardir



Santri putra memenuhi musholla untuk mengikuti kajian kitab dar dir di malam isra' mikraj(Foto oleh FB Al-Miftah Dempo Barat). 


almiftah.id - Seluruh santri putra dan putri Pondok Pesantren Al-Miftah Dempo Barat. memadati pelataran Musholla YPSD Al-Miftah. Mereka dengan khidmat memperhatikan dan berusaha memaknai kitab di tangan mereka,  saat RKH. Moh Romli Rois membacakan kitab Hasyiyah Dardir Ala Qishah Al-Mi’raj, karya Abi al-Barakat Ahmad al-Dardir. Selasa malam. (02/04/19).

Pembacaan Kitab Dardir menjadi tradisi tersendiri di Pondok Pesantren Al-Miftah setiap tahunnya, dalam rangka memperingati Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW.  Pengajian kitab ini diwajibkan kepada seluruh santri yang ada di kompleks Pondok Pesantren Al-Miftah Dempo Barat, terlihat pula  masyarakat sekitar  dan alumni ikut berpartisipasi mengaji bersama.

Moh Anis, salah seorang Pengurus Pesantren Al-Miftah Putra mengungkapkan, pelaksanaan pengajian kitab Dardir ini diikuti oleh semua santiwan-santriwati di tempat yang terpisah. santri putra terletak di dalam mushola dan khusus santri putri terletak di serambi luar kediaman keluarga pengasuh. 

Ustadz Moh. Anis mengaku ada sekitar 70 kitab yang disediakan pesantren untuk para santri yang belum punya kitab dan biasanya santri lama menggunakan kitab yang sudah pernah dibacakan pada tahun-tahun sebelumnya. “Kegiatan ini intruksi langsung dari Dewan A'wan Pondok Pesantren Al-Miftah sebagaimana seperti tahun-tahun sebelumnya, Banyak yang ikut pengajian kitab ini, dan Alhamdulillah kegiatan tahunan ini berjalan dengan baik”. ungkapnya kepada almiftah.id


Menurut penuturan RKH Moh. Romli Rois sebelum memulai kajiannya beliau menyampaikan, Pengajian Hataman Kitab Dar Dir ini dilaksanakan tidak sekedar memperingati Isra' Mikrajnya nabi saja, lebih dari itu agar para santri dapat mengerti dan memahami isi kitab itu secara benar. “Hal ini dimaksudkan agar kalian betul-betul menguasai dan faham betul esensi qissoh(cerita) dari perisitiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Harom ke Masjidil Aqso yg kebetulan jatuh pada tanggal 27 Rajab 10 Tahun dari kenabian". 

Pengajian Hataman Kitab Dardir ini belangsung dari santri selepas shalat berjamaah maghrib, yakni dimulai jam 18:30 dan berakhir(khatam) jam 22:20 WIB Ditutup dengan doa bersama.



Reporter : Habibiy
Editor      : Darwis

Posting Komentar

2 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)