Malam Selasa Santri Al-Miftah Rutin Membaca Sholawat Nariyah


Pondok pesantren identik dengan lingkungan yang penuh dengan orang-orang yang belajar dan memperdalam ilmu agama sesuai yang di ajarkan oleh oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu setiap hari bahkan malam para santri dituntut untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang telah ditentukan dan termaktub di dalam peraturan pondok pesantren itu sendiri.
Membaca shalawat nariyah Merupakan salah satu amalan yang dilaksanakan oleh santri pondok pesantren Al Miftah Dempo Barat pada saat malam selasa (libur kajian kitab). di samping amalan-amalan lain semacam itu. Ada shalawat "Tunjina" (Munjiyat), dan masih banyak lagi. Belum lagi bacaan "hizib" dan "rawatib" yang tak terhitung banyaknya. Semua itu mendorong semangat keagamaan dan cinta kepada Rasulullah SAW sekaligus beribadah.

Salah satu hadits yang sangat populer yang membuat rajin kita membaca shalawat ialah bahwa Rasulullah SAW bersabda: Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya. Makanya, bagi orang-orang yang hidup dipesantren, setiap kegiatan keagamaan bisa disisipi bacaan shalawat dengan segala ragamnya.

Nah shalawat yang satu ini, "shalawat Nariyah", tidak kalah populernya di kalangan para santri. Khususnya pada saat malam selasa, Semua pengurus dan santri di bawah naungan YPSD. Al Miftah Turut serta membaca secara bersama-sama. Dan salah satu tujuan dari kegiatan ini sebagaimana di sampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Miftah dengan harapan keselamatan dan kesemangatan bagi para santriwan-santriwati yang menuntut ilmu di pondok pesantren Al Miftah ini dan semuga ilmunya nanti bisa bermanfaat bagi dirinya terlebih kepada orang lain di lingkungan sekitarnya. Jelas KH. Sulaiman Kurdi

Berikut ini adalah bacaan shalawat nariyah:

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ


Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

Posting Komentar

0 Komentar